coba

Tuesday 20 October 2015

Ngebolang Ke Candi Abang, Mana Candinya ??

Dimanakah candi Abang itu berada? Tiba-tiba terlintas pertanyaan itu dikepala saya menjelang wiken tiba. Oke saatnya nyalakan laptop, pasang modem, dan mari kita browsing guys !! 

Well, Candi abang ini terletak di daerah berbah sleman Yogyakarta. Bagi yang berasal dari arah Jogja, tinggal menuju ke fly over Janti lalu ke arah selatan sampai perempatan lampu merah JEC (yang sebelah kirinya ada rumah sakit), lalu belok ke kiri pertigaan belok kanan, perempatan belok kiri, intinya jalan ke timur sampai selatannya kompleks Adi Sucipto. Terus ikuti jalan sampai tugu di pertigaan Berbah, terus pabrik, perempatan lurus, belak belok ikuti jalan, kuburan, jembatan, perempatan belok kanan ikuti jalan yang bagus, lalu ada tikungan dan lihat di depan ada sebuah bukit. Bukit di depan itu yang menjadi lokasi candi Abang. Masih lurus sampai sebelah kiri bener-bener dah terlihat bukit tersebut. Lihat ke kiri baik-baik kalau ada jalan cor-coran langsung belok ikuti jalan menanjak sampai lihat di sebelah kiri ikuti jalan tersebut dan sampailah ke Candi Abang.

Saya rasa petunjuk dari internet tersebut cukup untuk mengantarkan saya dan adik saya sampai pada tujuan. Tapi tidak guys, saya harus melewati jalan yang seharusnya bisa ditempuh lebih cepet jadi lama *baca nyasar. 

Jangan harap nyari alamat candi abang ini segampang nyari candi ratu boko apalagi candi prambanan, karena gak ada plang penunjuk jalan sama sekali, jadi wajib nanya kanan-kiri. Lokasinya berada di atas bukit, sungguh terpencil dan jauh dari peradaban manusia karena emang gak ada rumah penduduk cuma hutan belantara, dekat lokasi emang ada rumah penduduk tapi gak ada penghuninya.

Untungnya kami survivor sejati jadi nyasar pun kami anggap makanan sehari-hari. setelah melewati jalanan yang hijau alias sawah, akhirnya kami sampai di candi tersebut.gak ada biaya retribusi masuk, hanya bayar parkir saja 2.000/motor.

Dan inilah jalan setapak menuju candi abang, pohon dikiri kanan nya sungguh gersang akibat musim kemarau panjang.

gb. jalan-jalan syantik

gb.pose ke-ketek-an biar keanginan :D 

gb.take picture with me? 

Setelah berjalan berjalan berjalan dan kepanasan, sampailah kami dilokasi candi abang. Sempet juga bertanya dalam hati, ini candi apa bukit ya? Ko Cuma gundukan tanah gini doang, nah karena penasaran akhirnya kami naik k etas, pas sampe di atas pun saya sama sekali tidak menemukan bongkahan batu. Heran. Tapi dari atas kita bisa lihat pemandangan sawah yang membentang luas dan indah. Anggap saja bonus itu.

gb. Oyy I'm tired 

gb. ootd di candi abang :D 

Kalau kata adik saya, itu candinya di dalam gundukan mbak, ahh yang bener aj. Tau gitu tadi mending kesini kita bawa alat buat menggali, siapa tau kita bisa menemukan candi itu..ahahha lol

Akhirnya kami Cuma naik turun candi dan berfoto-foto ampe memori habis dan batere ngedrop, nah sebelum kameranya bener2 sekarat kami lihat hasil foto-fotonya dan ternyata memang hasil fotonya jadi rada kemerah-merahan gitu, mungkin karena jenis tanah dibukit itu berwarna merah kalau terkena sinar matahari.

Whatever lah suatu saat pasti terjawab juga misteri yg menyelimuti Candi Abang ini. Yang penting bisa wisata alam gratis sekaligus beroff road ria hehehe…

No comments:

Post a Comment